Pasir + Ombak + Sunset + Angin + Es Kelapa + Nanas + Ikan Bakar + Kepiting Rebus + Musik + Tenda = PANTAI…

Walau kulit jadi hitam karena tersengat matahari…!!! Walau harus panas-panasan dan badan jadi bau keringat…!!! walau harus basah-basahan dan mandi air garam…!!! Yang penting… Nge-bolang di Pantai Boooolll…!!! \(^_^)/


Hembusan angin laut menyibak daun-daun di dahan pohon kelapa, lambaian surai-surai menari dan bersenandung santai. Satu persatu gulungan ombak bergilir meraih tepi pasir, teriknya matahari menghipnotis kesadaran. …Dan… Cewek bule seksi yang asik melenggang di depanku dengan bikini seksi-nya, telah menyadarkanku dari hipnotis itu (*_*!)

Bolang Jawir itu bukan anak pantai, tapi paling hobby main di pantai. Karena ada Pasir, Ombak, Sunset, Angin, Es Kelapa, Jus Nanas, Ikan Bakar, Kepiting Rebus, Udang Goreng, Musik Pantai, Tenda dan Cewek Cantik Berbikini… hehehe… dan ini adalah sedikit cerita tentang beberapa pantai yang pernah Bolang Jawir jejaki.
 


Pantai Tanjung Lesung adalah salah satu pantai yang terletak di ujung paling barat pulau jawa. Pantai ini adalah salah satu pantai favoritku di Pulau Jawa. Walaupun pantai ini masih dalam tahap pengembangan oleh sebuah resort, tetapi keadaan alamnya ini masih asri dan pantainya sangat bersih. Pasir pantainya putih dan luas, air laut ditepi pantai berwarna hijau emerald, ombaknya tenang dan suasananya yang masih sepi. Karena tidak banyak wisatawan yang mengetahui akan pantai ini jadi sangat sesuai untuk menyejukkan pikiran yang stres. Saatnya santai dan refreshing bol…!!!

Di pantai ini juga terdapat sebuah jembatan yang kadang menjadi dermaga kapal-kapal kecil. Tapi biasanya digunakan sebagai tempat memancing oleh wisatawan yang datang.




Pantai-pantai di sebelah barat pulau jawa yang berbatasan langsung dengan Selat Sunda memang terkenal dengan sunset dan keindahan pantainya. Salah satunya adalah pantai pasir putih, Jawa barat.
Pantai ini setiap hari ramai akan pengunjung dan telah terkenal sebagai salah satu tujuan wisata. Makanya tidak aneh kalau pantai ini menjadi agak kotor dengan sampah. Tapi tetap saja pantai ini memiliki daya tarik yang menarik dengan garis pantai yang panjang dan pasir putih yang menghampar luas serta laut biru yang menghipnotis untuk segera berenang. Selain itu kegiatan water sport disini relatif lebih murah dibandingkan dengan tempat lain, dan tentu saja yang murah itu yang paling disukai. Betul itu bol…!!!




Sebuah pulau kecil dengan pantai Pasir putih, Lautnya berwarna biru, pemandangan bawah lautnya cantik, ombaknya tenang dan alamnya masih asri dengan vegetasi pepohonan yang masih rindang. Sungguh sebuah pantai impian yang terdengar sempurna, tapi percayakah pantai seperti itu juga ada di DKI Jakarta..?? Bohong saja kau… Mana ada bol…!!!

Kepulauan seribu, juga masih termasuk kedalam Daerah Khusus Ibukota Jakarta dan pulau yang disebutkan tadi, tepatnya berada di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Jakarta. Sekitar tiga jam perjalanan naik perahu motor dari pelabuhan Muara Angke atau pelabuhan Marina Ancol, Jakarta.

Walaupun memiliki potensi wisata bahari yang sangat menarik dan masih asri, Kepulauan Seribu belum menjadi lokasi wisata favorit bagi masyarakat Jakarta. Kenapa yah bol…??!!!

Dan ini Beberapa pendapatku kenapa masyarakat Jakarta enggan atau jarang pergi berwisata di Kepulauan Seribu adalah 

  • Karena perahu bermotor yang menjadi satu-satunya alat transportasi yang memadai untuk menuju Kepulauan Seribu hanya dapat beroperasi dari pagi sampai siang hari. Sedangkan sore dan malam hari dengan keadaan yang gelap, angin laut yang kencang dan gelombang laut yang tinggi akan menjadi sangat berbahaya. Berenang saja bol…!!!
  • Karena pasokan listrik di beberapa pulau besar yang berpenghuni sangat terbatas, sering terjadi pemadaman bergilir. “warga setempat masih menggunakan generator pembangkit listrik bermesin diesel dan berbahan bakar solar yang usia mesinnya sudah tua”
  • Karena biaya sewa penginapan dan makanan di beberapa pulau masih tergolong cukup mahal, kebanyakan yang berwisata ke sini adalah masyarakat menegah ke atas.
Tapi, aku lebih setuju kalau pulau-pulau seperti itu tidak diketahui atau terjamah manusia Jakarta yang egois untuk dijadikan sebuah tempat wisata demi keuntungan bisnis semata. Karena ketika telah menjadi tempat wisata dan didatangi banyak orang, bukannya terkenal karena keindahannya, tapi akan terkenal dengan pantai ber-SAMPAH-nya. SAMPAH itu bol…!!! 


Sebuah pengalaman baru di pantai pasir dowo, aku bisa menikmati garis pantai yang panjang dan melengkung dan pemandangan sebuah bukit yang sangat tinggi di ujung garis pantainya. Walaupun ombaknya cukup besar dan vegetasi pepohonannya tidak terlalu rindang, tapi suasana seperti ini paling pas untuk para pemotretan landscape. Selain itu pantai berpasirnya yang terbentang luas paling pas untuk main bola di pantai… Rame-rame main bal-balan… Seruuuu bol…!!



Sebuah lubang menyerupai gua yang menembus sebuah bukit karang menjadi ciri khas dari pantai karang bolong, jawa tengah. 

Karena ombak di pantai ini tergolong dalam ombak-ombak besar serta banyak terdapat karang-karang besar yang menjadi rumah bagi berbagai jenis ikan. Pantai ini terkenal bagi mereka yang memiliki hobby memancing. 

Sebutan bagi para pemancing disini adalah pemancing karang. Pemancing karang adalah kegiatan memancing yang dilakukan di atas karang yang langsung menghadap laut lepas. Biasanya mereka yang memancing di sini selain sebagai hobby juga sebagai mata pencaharian, dan benar saja sekali merasakan sensasi tarikan ikan karang dan ombak yang besar itu memang tak terlupakan dan benar-benar Yahuuutt…!!!  \(^_^)/
bikin pinggang serasa mau copot…!!! Haaahh… ternyata mancing itu susah bol…!!!





Pantai Baron adalah pantai yang memiliki keunikan tersendiri, di pantai ini terdapat aliran sungai yang sangat jernih yang berasal dari sungai bawah tanah yang keluar menuju laut melalui sebuah mulut gua di dalam sebuah bukit karang.
Aliran sungai ini terlihat tenang tapi memiliki arus bawah yang cukup kuat, sehingga jika tidak hati-hati tanpa sadar kita bisa ikut terseret ke laut. Akan tetapi, aliran sungai ini sebenarnya relatif aman untuk berenang dan suasananya sekitarnya yang masih hijau juga menyejukkan mata… \(^_^)/ Berenang kayak berang-berang bol…!!!


Pantai yang bersebelahan dengan Pantai Baron yang terletak di selatan kota Yogyakarta ini, seperti pantai-pantai yang terdapat dalam cerita dongeng. Pantai yang memiliki garis pantai yang indah dan berpasir putih, dengan jajaran karang yang menjadi pembatas antara daratan dan laut lepas samudera hindia. Di tengah jajaran karang tersebut terdapat beberapa bongkah karang besar yang mencuat ke permukaan seperti sebuah pulau.


Pantai ini adalah pantai yang keadaan lautnya tenang dan alam bawah lautnya indah. Pokoknya asik untuk snorkeling, dan pantainya pas banget untuk bermalas-malasan sambil makan nanas atau minum es kelapa ditemani musik pantai. Pokoknya one stop beach entertainment…!!! 

Setelah puas snorkeling, sambil menikmati es kelapa muda, aku tiduran dipasir dan menghitamkan kulit atau jalan-jalan santai melihat cewek bule seksi ber-bikini… asiiikkkk… siapa tau dapet… hehehehe… sikattt aja bol…!!!


Pantai Jimbaran, Bali


Pantai yang satu ini adalah salah satu pantai favoritku, karena pantai ini mempunyai Empat suasana yang berbeda dan setiap suasana itu sangat menarik. 

Suasana yang pertama, adalah ketika siang. Pantai yang memiliki garis pantai yang panjang dan melengkung ini, Pasirnya putih dan tak berkarang. Selain itu, ombaknya yang tenang dan tidak terlalu besar cocok untuk berenang, water sport atau berjalan-jalan di pinggir pantai. 

Suasana yang kedua adalah ketika matahari terbenam (sunset). Biasanya aku tiduran di atas pasir, sambil melihat sunset yang seakan-akan tenggelam ke dalam laut. Damai dan santai rasanya… asik bener bol…!!!

Suasana yang ketiga, adalah menikmati malam di pinggir pantai dengan ditemani lampu-lampu kapal nelayan dan lampu keramba di tengah laut. Sambil bakar ikan atau bakar jagung dan mendengar lagu-lagu pantai. Nyanyi lagu pantai… sing it bol…!!!

Dan yang keempat adalah menikmati secercah sunrise (matahari terbit) setelah begadang semalaman sambil melihat para nelayan kembali dari melaut di malam hari.

Sebenarnya, di sepanjang pantai ini banyak bertebaran restaurant pinggir pantai dengan berbagai macam makanan laut yang menggugah selera. kalau malam, restaurant  ini sangat romantis dengan lilin-lilin dan alunan musik jazz yang romantis. walaupun harganya memang agak mahal, tapi sepadan dengan rasa, suasana dan kenyamanan yang didapatkan. Romantis yee… Rokok Makan Gratis kita mah bol…!!!




Ternyata istilah perawan itu bukan cuma milik para kaum hawa, tapi pantai juga ada yang disebut sebagai Pantai Perawan. Eeiittsss,… Jangan salah sangka dulu… pantai perawan disini adalah makna bagi pantai yang masih asri keadaan alamnya dan masih sangat jarang tersentuh manusia ataupun didatangi wisatawan. 

Salah satu pantai perawan yang ku jejaki ini adalah Pantai Pasir Mutih, Karangasem, bali. Istilah pantai perawan memang sangat cocok dengan keadaan alamnya yang masih asri. Pantai ini diapit oleh dua perbukitan yang masih hijau, warna air laut yang hijau emerald dan pantainya berpasir putih.
Semoga pantai ini tetap tidak diketahui, agar tetap terjaga keperawanannya… ente masih perawan bol...!!!???


NB : Dari semua hal yang disebutkan diatas ada satu hal yang paling Bolang Jawir cari disetiap kesempatannya nyasar di pantai, adalah… SUNSET bol…!!! Yiiihhaaaaa…!!!

1 komentar:

Anonim mengatakan...

kapan ajak kaka backpacker ke Pantai Boool :)
Mila